ABSTRAKSI SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

DI SUATU LEMBAGA

 Pada tema yang akan dibahas ini adalah tentang cara penerimaan peserta didik baru dalam suatu lembaga sekolah tingkat menengah dan atas, diterapkannya system penerimaan yang baru ini agar lebih mudah dalam melaksanakan proses belajar mengajar di setiap kelas.

Cara penerimaan peserta didik baru yang versi lama akan berbahaya terhadap lembaga itu sendiri, dikarenakan nilai yang diterima anak dari sekolah sebelumnya belum tentu itu murni hasil dari kemampuan anak itu sendiri, sebagaimana yang semarak di tv, banyak jawaban bisa dibeli yang entah dari mana sumbernya. Kalau system penerimaan peserta didik baru tidak diubah maka lembaga tersebut akan mendapatkan peserta didik baru yang kemampuannya tidak sesuai dengan nilai yang tertera di  Ijazah/SKUN. Dan ini sudah banyak terjadi.

Dengan munculnya kejadian-kejadian seperti diatas, maka akan dilakukan perubahan yang bisa jadi lebih baik bagi lembaga itu sendiri, dan bisa mendapatkan peserta didik yang benar-benar berkualitas, yakni dengan cara mengadakan ujian tes akademik, mengumpulkan foto copy raport dan foto copy piagam (yang juara), hasil dari tes itu akan digabung dengan nilai UN (danem), nilai rata-rata raport dan skor dari piagam, dari hasil semua itu baru akan bisa terlihat kemampuan calon peserta didik, dan lembaga tersebut bisa menerima peseta didik dengan mengacu hasil/data dari nilai yang terangking diatas.

USE CASE DIAGRAM

ACTIVITY DIAGRAM